dongeng pengantar tidur untukmu

24 Juli, 2009

tidurmalam ini saya sediakan tempat untuk kamu di samping saya…
tidur dekat saya ya…
agar saya bisa menyentuh helai-helai rambut kamu,
merasakan hembusan nafas dan memelukmu selama yang saya mau.

malam ini saya akan dongengkan satu cerita pengantar tidur untukmu…
mungkin tentang satu negeri yang indah,
mungkin juga tentang satu rentang waktu dalam hidup saya,
mungkin juga tentang kamu…
mungkin tentang semuanya, yang saya tahu membentuk rangkaian utuh narasi yang tidak bisa saya pisahkan dari emosi saya, dari hidup saya, dari keinginan juga harapan saya..

[ kamu masih mendengarkan saya kan sayang? ]

mudah-mudahan kamu ga akan pernah bosan,
ketika saya berulang mendongengkan satu cerita yang sama,
menyusun puzzle yang akan kamu lengkapi disana sini ketika saya lupa dengan satu atau dua detil yang kamu ingat dengan pasti,
kemudian memberi sentuhan rasa akan keseluruhan cerita itu,
dan meyakini bahwa cerita itu tidak akan pernah mati, tetap hidup dalam urat nadi kita, dalam kalbu, dalam benak.

dengan nafas kita,
selalu kita memberi hidup pada setiap titik cerita yang kita mainkan skenarionya,
dan kita ceritakan kembali sebagai refleksi, sebagai pengingat, sebagai penguat, sebagai do’a.

ketika saya mendekati setiap ujung cerita,
dengan senyum, kamu selalu mengingatkan bahwa satu ujung akan menjadi pangkal bagi yang lain.
seperti itulah cerita kita terus bersambung,
seperti itu pula saya menempatkan diri saya dalam harapan kamu,
dan seperti itulah kamu menghidupkan harapan dalam diri saya.
semuanya bertautan.
semuanya berkaitan.
runut, sistematis,
meski terkadang ada juga lonjakan, ketika seluruh emosi kita sertakan.
tapi selalu, kita tahu, kita tidak pernah kehilangan arah untuk kembali pada rangkaian cerita yang telah demikian kita hafal.
dengan mudah kita kembali menempatkan satu demi satu babak atau episode-episode tersebut pada kompartemen yang tepat,
juga pada jalur yang tepat.

[ ssst... sudah mulai ngantuk? saya teruskan dulu ya sebentar lagi ]

saya yakin kamu ingat, dengan beberapa perjalanan yang kita lakukan.
terkadang, itu hanya satu perjalanan yang saya hampir yakin orang lain akan menganggapnya satu perjalanan sederhana, tidak berarti.
namun apapun itu, kamu juga pasti tahu,
selalu jadi satu kebahagiaan ketika saya menemukan sebentuk senyum kamu ketika perjalanan itu telah tercipta.
menyenangkan rasanya ketika menemukan satu episode lain yang kita tambahkan pada rangkaian cerita yang sudah kita punya.
bahagia rasanya menemukan kamu bahagia bahkan dengan satu hal kecil yang saya atau kita lakukan.

kamu juga saya sangat tahu,
segala hal yang jadi bumbu penyedap, bahan pelengkap maupun bahan utama cerita kita, tidak akan pernah terlepas dari kata rumit.
syukur, alhamdulillah, kita selalu diberikan bahan ujian kesabaran yang mudah-mudahan dengan do’a dari orang-orang terkasih, juga dengan pengharapan kita,
semuanya membuat kita semakin kuat.
semuanya tidak akan menyurutkan langkah kita untuk terus menjalin cerita, menikmatinya, menghirupnya agar merasuk dalam setiap sel-sel dalam tubuh kita.

[ boleh ya.... saya bilang "saya sayang kamu"
sebelum kamu benar-benar terlelap? ]

lengkap rasanya, ketika saya bisa mengucapkan kalimat sakti ini setiap kali kamu bangun tidur dan sebelum kamu menjemput mimpi,
seperti juga saya yang selalu merasa sempurna ketika kamu membisikan kata cinta dan pengharapan.

hhh….
sepertinya saya mulai ngantuk.
saya yakin kamu juga.
sekarang tidur yuk sayang….
tidur di samping saya.
tidur dekat saya.
agar saya bisa menyentuh helai-helai rambut kamu,
agar saya bisa merasakan hembusan nafas dan memelukmu selama yang saya mau.
besok, kita akan tambahkan satu episode baru dalam cerita kita.
kita tahu, cerita ini tidak akan pernah usai,
sama seperti harapan,
sama seperti keinginan,
sama seperti sebentuk kalimat untukNya yang lirih kita ucapkan malam ini.

[ kj ]

About these ads

51 Responses to “dongeng pengantar tidur untukmu”

  1. cenya95 Says:

    Sebuah dongeng yang menarik.
    jika dongeng ini sebagai pengantar tidur, daku bisa-bisa tidak tidur…. atau… tidur sebelum ceritanya berakhir…
    hmmm… mesti dicoba nich…
    salam superhangat


  2. diam-diam mendengarkan

  3. Kurotsuchi Says:

    sungguh bahasa tingkat tinggi, bagus banget!
    prosa-puisi yang bagus itu yang bisa membuat pembacanya membaca setiap kata, mengkhatamkan setiap kalimat dan menamatkan setiap paragraf…

  4. Anla Says:

    Dongeng sebelum tidur. . .
    Ternyata dongeng si kancil sudah tak laku lagi. . . Hihihi :D

  5. putriastiti Says:

    saya jadi inget waktu saya ngedongengin si dia tentang kenaikan harga BBM di koran. dia langsung tertidur lelap… mungkin dia sudah menangkap pesan moral dari dongeng saya… hiehiehie!!

  6. faza Says:

    haddiirrr…
    hhhmmm…, itu syairnya buat saya ya???
    hahahaha… *sett mode ngarep*

    Ketika cinta merasuk sukma
    Menyatu dalam helaan nafas en detak jantung
    Mengalir seiring nadi-nadi berdenyut riuh
    kasih sayang merangkum usung tulusnya jiwa
    hadirkan rasa tersuci yang pernah tercipta

    cu…

  7. mira Says:

    a bedtime story =)


  8. … romantis sekali ini…

  9. fauji Says:

    sooo sweeat like as writers>> ^^

    {SEMOGA KEHADIRAN SAYA BERMANFAAT BAGI REKAN-REKAN SEMUA YAAA?? SALAM KENAL SEMUAAA.. SILAHKAN BERKUNJUNG YAAAH KEBLOG ABDI ^^}

  10. abrus Says:

    kirain dongeng sikancil nyolong dikebon pak tani…

    ternyata…? ;)
    dongengnya sungguh indah…
    membuat si dia pules dah…

  11. childstory Says:

    saya membacax sampai terhanyut….


  12. Wah mantap kata-katanya
    koq semua pada puitis yah
    jadi ngiri

    Salam kenal :D

  13. didin Says:

    hehehe..ikut denger dongengnya aaahhh..siapa tau g insomia lg heuheu….
    numpang promosi hahahahahaha…
    Ikutan 4th IBSN award yuk..
    Informasi dan ketentuan silahkan baca di sini
    IBSN= Karena Berbagi Tak Pernah Rugi..

    Trimakasih…^_^

  14. nurrahman18 Says:

    wah harus dibaca dengan penuh perasaan dan keilhaman nih, ……:D

    lalu besok cerita apa lagi??? :D

  15. indra1082 Says:

    [ kamu masih mendengarkan saya kan sayang? ]

    Masih…… :lol: :lol:

  16. cantigi™ Says:

    makasih v, luv..

  17. oRiDo™ Says:

    dan saya pun ikut tertidur.. :D

  18. agoesman120 Says:

    Sayang mendongeng pengantar tidur anak-anak
    sudah mulai dikalahkan oleh:
    -Sinetron
    -PS 2
    -Videogame
    -etc
    habis maen langsung tidur….

    kata mbah surip ‘Bangun tidur, ku tidur lagi”

    “Let love & peace for children”
    “We are the World, We are the Children”

  19. Rigih Says:

    hmm, dongeng cinta dan sayang…
    benar2 menghanyutkan…
    penutupnya itu lho yang menakjubkan
    “sama seperti sebentuk kalimat untukNya yang lirih kita ucapkan malam ini”

    • Den Mas Says:

      eh, mau komentar ini tapi didahului sama Mr. Rigih. Bener, speechless deh sama tulisannya yang ini, asli! ikut menyimak ya dongengnya.

      eh, iya hampir lupa, salam kenal :D


  20. Kalo saya dulu dongeng pengantar tidurnya Si Kancil…

  21. KangBoed Says:

    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk sahabatku

  22. hanif Says:

    Dongengnya tentang apa? Atau sedang curhat dengan kekasih tentang permasalahan hari ini karena “mendongenkan cerita yang sama” ?


  23. menjelang siang sahabat
    pa cabarnya?
    blue mau dong diberi dongeng oleh u

  24. mel Says:

    kalo didongengin gini…walaupun banyak nyamuk..kaya’nya bakalan terlelap

  25. andipeace Says:

    jadi kangen sama dongeng ibu say

    salam kenal

  26. Ayam Cinta Says:

    ah maaf… saya sudah tertidur…. =P

  27. goncecs Says:

    masa tiduur aja minta dianteriin sih …. manja amat … !!!

  28. KangBoed Says:

    Waaaaah kok jadi ngantuuuuk yaaaaaa.. pulang bobo dulu aaaaaaah
    Salam Sayang

  29. Si Gembala Says:

    Pengantar tidur yang indah….ketika kedekatan tak menimbulkan keterasingan…apa lagi yang perlu diresahkan….selamat tidur…karena rangkaian cerita telah siap direnda….

  30. alamendah Says:

    waduh…
    puitis banget,
    gak kuat!!!
    langsung ngorok, deh. Mending ngabooooor. Gak jadi belokwoking, ntar!

    salam kenal

  31. idana Says:

    Romantis banget…kata2nya begitu penuh makna
    salam kenal yaa :)


  32. malam ini oun blue masih ingin dengar dongeng tentang persahabatan….heheh
    salam hangat selalu

  33. KangBoed Says:

    yayaya.. dengerin siang jadi enak buat bobo bobo siang hehehe.. bener bener kidung yang indah penghantar tidur
    Salam Sayang

  34. D3pd Says:

    Mudah2n nanti malam saya bisa tertidur terlelap, ^_^…V

  35. adams Says:

    hei… have a sleep. :lol:


  36. Bahasanya buuuu
    Sungguh LUAR BIASA
    MANTAP

    Keren abiiis
    TOP BGT

    Hehehehehe
    Salam kenal yah :D

  37. Hariez Says:

    Met bobo Teh.. awas si Akang bangun :mrgreen:

    -salam- ^_^

  38. ria_imel Says:

    gimana cara ngilangin insomnia??
    apa bisa dengan dongeng sebelm tidur… :)

  39. irawan Says:

    blm sempet didongengin beta dah tidur nih…zzZZ.

    tukeran link jg yuk…link kidungjingga su beta pasang di blogroll


  40. Asyik nih di dongengin sebelum tidur .. cuman pada kemana yah dongeng sakadang kuya dan monyet jaman ku dulu ???

  41. qarrobin Says:

    wah kalau sastra mah….
    saya nyerah deh
    du…..h bodohnya aku

    karna saya ga ngerti puisi dengan makna tersirat, bagi saya, mereka yang imajinasinya di bidang ini, lebih pandai dari saya yang cuma bisa baca makna tersurat melalui fisika….

    bahkan sastra dengan puisinya, malah lebih science-fiction dibanding fisika di blog saya,

    teruskan imajinasinya sobat
    mau dong belajar sastra…

    hatur tengkiu, qarrobin


  42. dongeng tidur di baca di pagi hari… bikin ngantuk aja


  43. dongeng adalah spirit untuk melalui hari…., chayalan yang menjadi langkah nyata bagi pengambil hikmah…

  44. fanitan Says:

    . wajahmu selalu teringat dipikiran, matamu yg i9ndah membuatku selalu rindu akan tatapanmu, tangan mu yang selalu mengelus rambut panjang ku,dan senyuman mu yang membuat kutenang

    RINDUKU


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: